Menu
KemenKopUKM dan Bank Indonesia Hadirkan Pusat Wastra Nusantara - KemenkopUKM Percepat Vaksinasi Pelaku UMKM Didaerah - Kuartal II/2021, Kredit dan Laba BTN Tumbuh Perkasa - Bangkit Dari Pandemi, MenkopUKM Ajak Milenial Berwirausaha - Mulai 9 Agustus 2021, Perusahaan di Arab Saudi Siap Terima Jamaah Umrah Asing yang Tervaksinasi - Corona Hengkang, Pelaku Industri Rantai Pasok Lari Kencang - KemenkopUKM Apresiasi Program Summer Act Dalam Membantu Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Bertahan di Masa Pandemi - TNI AL- KKP Wilayah II Banten-Kemenhub dan ASDP Gelar Serbuan Vaksin Covid-19 - KemenkopUKM Gandeng KPPU Tingkatkan Pengawasan Kemitraan Usaha Mikro dengan Usaha Besar - BNI Percepat Penyaluran Bansos PKH & Sembako

HP Bisa Jadi Sarana Tepat Bagi Pemasaran Produk Secara Online

Desember 8, 2017 | ekbis


SIAK: (Globalnews.id)- Kementerian Koperasi dan UKM meminta pelaku usaha khususnya sektor UMKM dan Koperasi supaya melek terhadap teknologi informasi.

Di era digitalisasi teknologi informasi merupakan sebuah keharusan bila UMKM dan Koperasi ingin berkembang dan meningkatkan produktifitasnya.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Permodalan pada Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto, dalam acara Pembekalan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula dengan tema “Marketing Zaman Now” di Siak Sri Indrapura, Siak, Provinsi Riau.

Luhur mengatakan permodalan memang diperlukan untuk membiayai suatu kegiatan usaha KUMKM. Namun apabila modal yang dimiliki tidak dikelola dengan baik dan memasarkan produk hanya dipasaran lokal, maka omset yang diperoleh tidak akan maksimal.

Menurut Luhur pengelolaan modal dan cara pemasaran yang jitu akan mempercepat perputaran modal. Handphone misalnya yang banyak dimiliki wirausaha merupakan sarana yang tepat untuk memasarkan produk secara on-line.

“Melalui pemasaran on-line inilah produk-produk UMKM dapat dikenal oleh masyarakat, tidak hanya di Kabupaten Siak tetapi juga seluruh dunia,” kata Luhur dalam siaran pers, Jumat (8/12/2017).

Oleh karena itu, tegas dia pembekalan ini harus ditindak lanjuti oleh Dinaskop dan UMKM Kabupaten Siak dalam bentuk diklat maupun bimbingan teknis (bimtek). Sementara soal materi-materi yang diberikan dalam diklat maupun bimbingan teknik bisa disesuaikan.

“Misalnya terkait dengan pembukuan, pengembangan bisnis, teknik penyusunan proposal, maupun pembentukan jaringan usaha,” pungkas Luhur.

Pendapat yang sama juga disampaikan Rubiati, Staf Ahli Bupati Siak Bidang Ekonomi. Dimana ia mengatakan bahwa UMKM harus mampu berkembang diera digitalisai. Teknologi merupakan bagian pokok bagi pelaku usaha.

“Konsumen pun sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk memesan produk dengan cara on-line,” papar Rubiati yang dalam kesempatan itu mewakili Bupati Siak.

Acara pembekalan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan PT Bumi Siak Pusako, yang dihadiri SKPD terkait, Camat, anggota komisi II DPRD Kabupaten Siak dan sekitar 150 Wirausaha Pemula. (dan)

Related For HP Bisa Jadi Sarana Tepat Bagi Pemasaran Produk Secara Online