ITL Trisakti Wisuda 1.162 Lulusan Secara Onsite, Siap Berperan Menghadapi Perubahan Transportasi dan Logistik Di Masa Depan

Jakarta:(Globalnews.id)-Institut Transportasi dan Logistik Trisakti kembali menggelar acara wisuda secara onsite untuk pertama kalinya sejak Pandemi global Covid-19 terjadi. Wisuda kali ini dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), pada Selasa, 15 November 2022 dengan mengangkat tema “wisudawan dan wisudawati alumni ITL Trisakti siap berbakti membangun dan memajukan sektor transportasi & logistuk nasional NKRI”

Sebanyak 1.162 mahasiswa secara resmi menyandang gelar akademiknya setelah lulus studi dari jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.
Wisuda onsite perdana pasca pandemi terdiri dari :
Jenjang Pendidikan Pascasarjana (S-2) Program Studi Magister Manajemen Transportasi, sebanyak 133
Jenjang Pendidikan Sarjana (S-1) Fakultas Manajemen dan Bisnis
Program Studi Manajemen sebanyak 716 Orang, dengan program kekhususan ;
Kelas Internasional 21 orang.
Konsentrasi Manajemen Transportasi Udara 258 orang.
Konsentrasi Manajemen Transportasi Darat 71 orang.
Konsentrasi Manajemen Transportasi Laut 152 orang.

Konsentrasi Manajemen Logistik 214 orang
Jenjang Pendidikan Sarjana (S-1) Fakultas Sistem Transportasi dan Logistik sebanyak 131 orang, dengan program studi :
Prodi Sistem Transpotasi 44 orang.
Prodi Sistem Logistik 87 orang.
Jenjang Pendidikan Sarjana (S-1) Fakultas Teknik Transportasi dan logistik sebanyak 119 orang, dengan program studi :
Program Studi Teknik Dirgantara 48 orang.
Program Studi Teknik Kelautan 29 orang
Program Studi Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan 42 orang
Jenjang Pendidikan Vokasi (D.III) sebanyak 63 mahasiswa, dengan rincian program studi :
Program Pendidikan Manajemen Transportasi Udara 24 orang.
Program Pendidikan Manajemen Transportasi Laut 20 orang.
Program Pendidikan Manajemen Logistik dan Material 19 orang.

Acara wisuda dibuka secara resmi oleh ketua senat Institut Trasnportasi Logistik Trisakti dan dihadiri langsung oleh rektor ITL Trisakti, anggota senat ITL Trisakti , para pimpinan ITL Trisakti dan staf akademisi lainnya.

Dalam laporan akademik Rektor ITL Trisakti Dr. Tjuk Sukardiman menyampaikan capaian yang telah diraih oleh civitas akademika ITL Trisakti dan ucapan selamat kepada seluruh lulusan yang pada hari ini diwisuda. Rektor dalam sambutannya juga berpesan kepada wisudawan bahwa kelulusan ini adalah langkah awal memasuki medan perjuangan yang baru akan dimulai. .

”keberhasilan merupakan anugerah tersendiri yang patut untuk disyukuri. Kelulusan ini merupakan langkah awal memasuki medan perjuangan yang baru. Untuk itu wisuda kali ini bukanlah akhir dari bejalar, justru merupakan starting point dalam menghadapi medan belar yang sesungguhnya dalam rangka membangun transportasi dan logistik di Indonesia ini. Saya sampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan yang akan terjun untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat yang pada akhirnya akan dapat mengharumkan nama baik ITL Trisakti. Kepada orang tua wisudan saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak ibu untuk menyerahkan putra-putrinya melanjutkan pendidikan di ITL Trisakti,” tutur Tjuk dalam laporan sekaligus sambutannya.

Turut hadir pula Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Mayor Jenderal TNI (Purn) Dr. E.D. Bimo Prakoso, Ketua Pembina Yayasan Trisakti, yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dewan Pembina Yayasan Trisakti, Julius Yudha Halim, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Dr. Umar Aris, S.H., M.M., M.H, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P.
Dalam sambutannya, Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Mayor Jenderal TNI (Purn) Dr. E.D. Bimo Prakoso menyampaikan agar kita semua bisa mempertahankan Natioal Interest kita. Kita harus bisa menjalankan UUD 45, menjadi masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut serta ikut serta dalam perdamaian dunia. Beliau juga berharap, agar para wisudawan harus berani menghadapi tantangan global yang semakin berat kedepannya, bekerja keras, cepat tepat, jujur dan berdedikasi. Bekerja sebagai tim yang kompeten dan saling memperkuat. Jangan sampai Korupsi Kolusi Nepotisme dan jangan sekali kali berurusan apalagi terlibat Narkoba. Serta menyampaikan sukses kepada ITL Trisakti dalam mengelola pendidikan yang berkualitas dan unggul pada bidang ilmu Transportasi dan Logistik di tanah air Indonesia.

“Saya berpesan agar para lulusan harus siap dan berani menghadapi tantangan global yang semakin berat ini. Kuncinya bekerja keras, cepat, jujur, berdedikasi dan berkolaborasi, saling membantu. Jauhi segala pelanggaran taati peraturan, jangan korupsi, kolusi dan nepotisme serta jangan sekali-sekali berurusan dengan Narkoba,” ungkap Bimo.

“Saya juga sangat bertemakasih dan selalu mendoakan semoga ITL Trisakti dapat terus menyelenggarakan proses pendidikan dengan sejajar Perguruan Terbaik di dunia ini sehingga mampu mempersiapkan lulusan yang unggul dalam segala bidang untuk mendukung pencapaian Tujuan Nasional NKRI yaitu Masyarakat Adil Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi untuk selalu meningkatkan mutu pembelajaran, keilmuan, integritas, dan budaya unggul,” tutup Bimo dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Ketua Pembina Yayasan Trisakti yang diwakili oleh Julius Yudha Halim mengutarakan bahwa Pembina Yayasan Trisakti berharap ITL Trisakti dapat menjadi kampus unggulan berkelas internasional dan mengembangkan entrepreneurship serta teknologi digital yang hijau.

“Kami dari pembina berharap ITL Trisakti mampu mengembangkan banyak hal, utamanya menjadi kampus yang unggul, mengembangkan entrepreneurship dan mengedepankan pengembangan teknologi hijau di sektor transportasi dan logistik,” tutur Julius.

Selain itu, untuk menunjang karier para wisudawan di masa mendatang. Beliau juga berharap agar lulusan ITL Trisakti mampu mengembangkan jaringan networkingnya seluas mungkin.
“ITL Trisakti merupakan Pendidikan yang unik dengan fokus pada trasnportasi dan logistik. Selain itu, dosen – dosen memiliki jaringan networking yang luas dan itu merupakan hal penting yang perlu mahasiswa perhatikan. Kita jangan terbelenggu dengan aset, tidak ada modal ataupun tidak ada uang. Tapi kembangkanlah akses networking kalian. Karena, itu lebih daripada aset. Maka, bergaulah dan carilah jaringan networking seluas mungkin” imbuh beliau.

Selanjutnya, turut memberikan sambutan Rektor Universitas Trisakti, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Dalam sambutannya beliau mengucapakan selamat kepada para wisudawan yang telah menempuh Pendidikan di ITL Trisakti dan berharap atas kesuksesan semuanya kelak di masa mendatang. Beliau juga menuturkan bahwa, ada tiga jenis lulusan yang bisa mahasiswa pilih “semua mahasiswa pada kali ini tentunya kalian akan lulus, dan ada tiga jenis lulusan yang akan kalian pilih. Pertama, adalah professional. Yaitu, mereka yang mengisi lapangan kerja yang telah ada. Kedua, adalah para scientist atau peneliti. Yaitu, mereka yang mengembangkan ilmu pengetahuan, Dan yang ketiga, entrepreneur. Yaitu, mereka yang menciptakan lapangan kerja.” Jelas Kadarsyah.

”secara global saat ini terjadi transportasi digital besar besaran. Salah satu contohnya adalah globalisasi. Banyak perusahaan yang ingin meningkatkan pendapatannya dengan menggunakan teknologi digital. Lalu, ada peningkatan iCommers dan semakin besarnya arus urbanisasi serta aging population. Oleh karena itu, para wisudawan saya kira era digital sudah ada di depa mata. Itu merupakan sebuah renungan untuk kalian dan saya yakin kalian semua sudah siap menghadapinya” imbuh beliau

”Selamat atas keberhasilannya, selamat menjalani kehidupan di masyarakat nyata. Hari ini merupakan hari wisuda kalian. Tapi, tetaplah jaga tali silatuirahmi dengan para alumni dan marilah kita muliakan almamater kita Institut Transportasi dan Logistik Trisakti!” tutup beliau.

Sementara itu Menteri Perhubungan Republik Indonesia dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Umar Aris mengingatkan kepada wisudawan bahwa transportasi merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini tantangan perbaikan infrastruktur untuk menurunkan biaya logistik nasional serta isu pemanasan global untuk menurunkan efek emisi rumah kaca guna menciptakan energi yang terbarukan, merupakan isu besar yang harus dihadapi oleh kita semua.

“Pembangunan infrastruktur transportasi guna menekan biaya logistik nasional serta isu menurunkan pemanasan global guna menciptakan energi terbarukan pada sektor transportasi menjadi tantangan bagi kampus ITL Trisakti. Kementerian Perhubungan sangat mendukung upaya ITL Trisakti menjadi the world class and entrepreneurship university, papar Umar dalam sambutannya.

“Kolaborasi terus dilakukan oleh Kemenhub dalam mendorong pembangunan sumber daya manusia pada sektor transportasi dan logistik, sehingga kami terus berkolaborasi dengan ITL Trisakti yang memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah translog nasional. Khusus para wisudawan, saya berharap agar saudara dapat menjadi insan tangguh di garda terdepan dalam menghadapi permasalahan dan tantangan global sehingga dapat mewujudkan pelayanan transportasi dan logistik yang handal di tengah globalisasi, tutup Umar.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini LLDIKTI sudah mengusulkan ITL Trisakti menjadi Universitas Transportasi Logistik dan Maritim Trisakti karena saat ini telah menjadi trending dimana bisnis transportasi, bisnis logistik dan bisnis maritim memiliki nilai investasi dan keuntungan yang sangat besar di dunia.

“Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa LLDIKTI wilayah III telah menyampaikan ke Dikti bahwa ITL Trisakti dapat diusulkan menjadu Universitas Transportasi Logistik dan Maritim. Hal ini dikarenakan ITL Trisakti memiliki keunikan bidang pendidikan khususnya transportasi dan logistik di Indonesia. Hal ini sangat didukung dengan peluang bisnis global dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diterapkan pada sektor transportasi, logistik dan maritim,” ungkap Paris dalam pembukaan sambutannya.

Selanjutnya, Kepala LLDIKTI Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani turut mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan yang telah hadir dan memberikan kepercayaan kepada ITL Trisakti untuk menyekolahkan putra putrinya, kelak putra-putrinya akan menjadi pemimpin yang terkemuka, berbudaya dan bereputasi global.

“Sungguh suatu hal yang tidak salah bagi para orang tua wisudawan yang telah memberikan kesempatan kepada putra-putrinya melanjutkan studi di ITL Trisakti, karena kelak putra putrinya para wisudawanakan menjadi pemimpin yang terkemuka, berbudaya dan bereputasi global, hal ini sesuai harapan pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi negara dengan perekonomian 5 besar di dunia. ITL Trisakti sekali jaya tetap jaya dan ITL Trisakti menjadi sumber SDM unggul untuk Indonesia maju” tutup Prais diakhir sambutannya.

Menjelang selesainya serangkaian acara wisuda, maka sebelum Ketua Senat menutup acara wisuda, dilakukan pembacaan serah janji alumni, penyerahan data alumni oleh Rektor ITL Trisakti kepada ketua ikatan alumni ITL Trisakti, serta dilakukan pembacaan doa. Semoga para wisudawan menjadi insan yang beretika dengan menjunjung tinggi nama almamater ITL Trisakti, serta dapat menjadi pribadi mulia, beriman, dan profesional pada bidangnya masing-masing.

Berikut daftar wisudawan terbaik ITL Trisakti tahun akademik 2021/2022 sebagai berikut :

Jenjang pendidikan Pascasarjana Magister (S.2)
Program Studi Magister Manajemen Transportasi, dengan dua lulusan terbaik yaitu DAMAS KUSUMA ADEPUTRA Magister Manajemen Transportasi, dan MOHAMMAD WISANGGENI ARIOHADI Magister Manajemen Transportasi

Fakultas Manajemen dan Bisnis jenjang Pendidikan Sarjana (S.1)
Program Studi Sarjana Manajemen :
Program kelas Internasional, yaitu BENEDICTUS NATHANIEL RUSDIANTO Sarjana Manajemen
Program peminatan Manajemen Transportasi Udara, yaitu HARUN AL RASYID Sarjana Manajemen
Program peminatan Manajemen Transportasi Darat, yaitu SITI SALBIYAH Sarjana Manajemen
Program peminatan Manajemen Transportasi Laut, yaitu ELISA MAKNA TIARA Sarjana Manajemen
Program peminatan Manajemen Logistik, yaitu TAMALA KARTIKA SARI Sarjana Manajemen

Fakultas Sistem Transportasi dan Logistik jenjang Pendidikan Sarjana (S.1)
Program Studi Logistik, yaitu ZAHIRA AURA RAHMA BASALAMAH Sarjana Logistik
Program Studi Transportasi dengan dua lulusan terbaik, yaitu ZULPA HAKIA Sarjana Transportasi dan RAISYA LUTFIA FANANI Sarjana Transportasi

Fakultas Teknik Transportasi dan Logistik jenjang Pendidikan Sarjana (S.1)
Program Studi Teknik Kelautan, kekhasan Kepelabuhanan yaitu NOOR RIKA WIHARTANTI Sarjana Teknik
Program Studi Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, kekhasan Perkeretaapian yaitu AKBAR DESNANDA PUTRA Sarjana Teknik Program Studi Teknik Dirgantara, kekhasan Kebandarudaraan yaitu MUHAMMAD CAESAR ROLLANDO Sarjana Teknik

Direktorat Vokasi jenjang Pendidikan Vokasi Diploma Tiga (D3) .Program Studi Manajemen Transportasi Udara yaitu NADIRA SULAEMAN Ahli Madya Manajemen Transportasi Udara. Program Studi Manajemen Transportasi Laut yaitu INTEN DEWI SUMARLIN Ahli Madya Manajemen Transportasi Laut. Program Studi Manajemen Logistik dan Material yaitu GI NA SHAFA NUR MAULIDA Ahli Madya Manajemen Logistik. (Jef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.