Menu
Berkat BNI & Berkah Kelapa,Kopwan Srikandi Sukses Ekspor Gula Semut dan VCO - Dorong Peningkatan Penyaluran Dana Bergulir, LPDB-KUMKM Gelar Rapat Koordinasi di Jawa Barat - Butuh Konsolidasi Agar Produk UMKM Masuk Skala Ekonomi - MenKopUKM Siap Penuhi Tuntutan Asosiasi UMKM agar Usaha Terus Bergerak - Kolaborasi Indonesia dan Korea Mendukung Future SMEs - Dukung Pengembangan UMKM DIY, Angkasa Pura I Berikan Pelatihan Pemasaran Digital pada Mitra Binaan - Melalui Pelatihan SDM Akan Tercipta Koperasi Koperasi Modern - Penjelasan Pelaksanaan Penyaluran Banpres Produktif Usaha Mikro - MenKopUKM Minta UMKM Masuk ke Dalam Produk Berbasis Inovasi dan Kreativitas - KemenkopUKM Gelar Pelatihan Vocational Ekspor Impor Produk UKM di Kuningan Jabar

Jadi Wirausahawan, Jangan Takut Gagal

Februari 27, 2017 | koperasi dan ukm

malang

MALANG:(Globalnews,id)–Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS mendorong mahasiswa untuk berwirausaha. Mahasiswa  harus kreatif dan terus berinovasi dan tidak takut gagal menjadi wirausahawan.“Mahasiswa harus memiliki cita-cita dan berani mencoba sebagai wirausaha. Jangan takut gagal, tetap berinovasi  dan bangun kreativitas akan menjadikan wirausahawan yang berhasil,” kata Prakoso saat memberi kuliah umum kewirausahaan yang dihadiri mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (23/2).

Dia mengatakan Gerakan Kewirausahaan yang dicanangkan Kementerian Koperasi dan UKM mendukung masyarakat termasuk kalangan mahasiswa menjadi wirausaha melalui pelatihan. Kementerian, tegas Prakoso, akan melakukan sinergi dengan UMM melatih dan menyiapkan  mahasiswa sebagai wirausaha yang tangguh. Rektor UMM Fauzan dalam acara yang sama menyampaikan mahasiswa tidak perlu  menunggu hingga lulus sarjana untuk menjadi wirausaha, tapi  harus dimulai sejak masih mahasiswa.

Setelah mendapatkan kuliah umum kewirausahaan, selanjutnya sebanyak 80 mahasiswa peserta yang tergabung dalam koperasi masiswa mendapatkan pelatihan kewirausahaan bersama dengan 80 peserta pelatihan kewirausahaan bagi perempuan yang bekerjasama dengan UMM dan dinas koperasi kota malamg. Pelatihan kewirausahaan dibuka oleh Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Budi Mustopo.

Saat membuka pelatihan Budi Mustopo mengatakan usaha harus dimulai bukan hanya diwacanakan  atau di bicarakan saja.  Jangan takut gagal, kembangkang jejaring, berani mengambil resiko, gunakan kesempatan menjadi peluang. Keuntungan ataupun kerugian saat usaha sudah berjalan akan lebih berguna sebagai pembelajaran, dibandingkan usaha belum dijalankan,” lanjutnya, Dalam pengarahannya mahasiswa diajak memanfaatkan teknologi informasi sebagai peluang usaha yang paling mudah. Teknologi informasi sudah terbukti memberi kesempatan membangun usaha secara efisien sekaligus  memberikan keuntungan yang wajar.  “Yang penting dalam berwirausaha hilangkan gengsi, tapi miliki optimisme yang tinggi. Gengsi tidak membuat kita kaya tapi kaya akan membuat kita mempunyai gengsi,” katanya. (jef)

Related For Jadi Wirausahawan, Jangan Takut Gagal