Menu
MenkopUKM Ungkapkan 3 Strategi Utama Tingkatkan Ekspor UMKM - KemenkopUKM Gelar FGD Pengembangan Usaha Mikro di Kawasan Wisata Mandalika - Indahnya Keberagaman pada Festival Teluk Jailolo - Pelaku Kreatif Kuliner Bandung Inisiasi Wadah Koperasi untuk Permudah Pembiayaan - MenkopUKM: Berwirausaha Menjadi Pilihan Strategis bagi Kaum Milenial - MenkopUKM Dorong Kopkar RSCM Masuk ke Sektor Usaha Alat Kesehatan - Pemerintah Targetkan 30 Juta Pelaku UMKM Tergabung dalam Ekosistem Digital pada 2030 - Kanwil BRI Jakarta II Salurkan Sembako ke Anak Yatim dan Lansia di Desa Cidokom, Bogor - SeskemenkopUKM: Target Pembangunan Koperasi dan UMKM Tercapai Bila Program Pusat dan Daerah Selaras - MenkopUKM: UMKM Harus Bangun Produk Unggulan yang Khas dan Unik

Jangan Takut Gagal Saat Mulai Usaha

Maret 6, 2017 | koperasi dan ukm
Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS

JAMBI:(Globalnews.id)-Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Pelatihan ini dilaksanakan sejak 4-7 Maret 2017 di Auditorium Balaikota dan Hotel Sang Ratu Jln. Slamet Riadi, Kota Jambi, dengan melibatkan 440 peserta dari para pelaku KUKM di wilayah setempat.

Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop UKM Prakoso BS dalam arahannya mengingatkan kepada para peserta jangan pernah takut gagal dalam menjalankan usaha, karena kegagalan adalah wujud dari sebuah pembelajaran. Karena itu, usaha harus terus dilakukan secara kontinue. “Ketika hendak memulai usaha, kebanyakan orang berpikir takut gagal, sehingga membuat dia selalu ragu. Ini yang harus dihindari sebenarnya,” ujar Prakoso.

Prakoso juga menekankan kepada peserta supaya tidak gengsi berwirausaha. Namun diakuinya menjadi seorang wirausaha bukanlah hal yang mudah, mereka harus bisa menanggung semua resiko yang terjadi. Dalam usaha tentu saja semua akan ada untung dan ruginya. “Harus pintar melihat peluang dan memanfaatkan peluang untuk usaha,” tukasnya.

Pelatihan peningkatan kapasitas SDM terdiri dari 5 (lima) jenis, yakni pelatihan kewirausahaan kerja sama Kemenkop dan IBM, pelatihan kewirausahaan melalui gerakan kewirausahaan nasional (GKN) bagi petani dan perempuan, pelatihan strategi pengembangan usaha koperasi serta pelatihan prinsif dan jatidiri koperasi.

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan wirausaha baru, mengubah mindset masyarakat dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan pekerjaan, dan dapat memotivasi peserta untuk terus memiliki jiwa kewirausahaan. “Pelatihan ini tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan peserta tentang langkah-langkah dalam berwirausahaan,” jelas Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian KUMKM, Christin. (jef)

Related For Jangan Takut Gagal Saat Mulai Usaha