Menu
Bank DKI Salurkan Beasiswa Pendidikan Dari Yayasan Beasiswa Jakarta - PETA JALAN EKONOMI KERTHI BALI: LANGKAH AWAL TRANSFORMASI EKONOMI INDONESIA - Menteri Teten Apresiasi 3 Startup Indonesia, Pemenang Event Korea – ASEAN Business Model Competition 2021 on Digital Economy for SDGs - Nasho Brand Lokal Siap Gandeng Investor Internasional pada Ajang IFF 2021 - Sinergi KemenKopUKM dan Perguruan Tinggi Ciptakan Enterpreneurship Melalui Inkubasi - Kukuhkan Diri Sebagai Bank Kampus: Kali ini BNI dukung IPB University Dorong Percepatan Campus Financial Ecosystem melalui Aplikasi IPB Cashless - Holding Perkebunan Nusantara Raih Penghargaan Sebagai "BUMN yang Mempekerjakan Penyandang Disabilitas" dari Kemenaker - MUI dan Kominfo Bahas Keamanan dan Kehalalan Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Menteri Teten : Jangan Ragu Memulai Usaha, KUR Siap Mendukung - KemenKopUKM Tingkatkan Kolaborasi Lintas Pilar dalam The 2nd ASEAN Regional Workshop on Creative Economy (ARWCE)

Jangan Takut Gagal Saat Mulai Usaha

Maret 6, 2017 | koperasi dan ukm
Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS

JAMBI:(Globalnews.id)-Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Pelatihan ini dilaksanakan sejak 4-7 Maret 2017 di Auditorium Balaikota dan Hotel Sang Ratu Jln. Slamet Riadi, Kota Jambi, dengan melibatkan 440 peserta dari para pelaku KUKM di wilayah setempat.

Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop UKM Prakoso BS dalam arahannya mengingatkan kepada para peserta jangan pernah takut gagal dalam menjalankan usaha, karena kegagalan adalah wujud dari sebuah pembelajaran. Karena itu, usaha harus terus dilakukan secara kontinue. “Ketika hendak memulai usaha, kebanyakan orang berpikir takut gagal, sehingga membuat dia selalu ragu. Ini yang harus dihindari sebenarnya,” ujar Prakoso.

Prakoso juga menekankan kepada peserta supaya tidak gengsi berwirausaha. Namun diakuinya menjadi seorang wirausaha bukanlah hal yang mudah, mereka harus bisa menanggung semua resiko yang terjadi. Dalam usaha tentu saja semua akan ada untung dan ruginya. “Harus pintar melihat peluang dan memanfaatkan peluang untuk usaha,” tukasnya.

Pelatihan peningkatan kapasitas SDM terdiri dari 5 (lima) jenis, yakni pelatihan kewirausahaan kerja sama Kemenkop dan IBM, pelatihan kewirausahaan melalui gerakan kewirausahaan nasional (GKN) bagi petani dan perempuan, pelatihan strategi pengembangan usaha koperasi serta pelatihan prinsif dan jatidiri koperasi.

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan wirausaha baru, mengubah mindset masyarakat dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan pekerjaan, dan dapat memotivasi peserta untuk terus memiliki jiwa kewirausahaan. “Pelatihan ini tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan peserta tentang langkah-langkah dalam berwirausahaan,” jelas Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian KUMKM, Christin. (jef)

Related For Jangan Takut Gagal Saat Mulai Usaha