Menu
DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DI KALIMANTAN SELATAN, KEMENHUB LUNCURKAN KAPAL PERINTIS KM SABUK NUSANTARA 111 - Kominfo: Perlu Sistem Monitoring Isu Publik Yang Terintegrasi - MenKopUKM Sambut Penyelenggaraan Banyuwangi Muslim Fashion Festival 2021 Jadi Lokomotif Fesyen Muslim Dunia - MenKopUKM: Kerajinan Batu dan Kayu Fosil Tulungagung Sukses Dilirik Pasar Global - Ini Dia, Aneka Langkah KemenKopUKM Perkuat Usaha Mikro di Tengah Pandemi - Dikenal Sebagai Destinasi Wisata Religi, KemenKopUKM Dorong Usaha Mikro Kota Pasuruan Masuk dalam Rantai Pasok - Tekan Impor, MenKopUKM Teten Masduki Luncurkan Cangkul Merah Putih Berlabel SNI - Bantu Kebangkitan Wisata Labuan Bajo, LPDB-KUMKM Gelar Vaksinasi - Harga Barang Turun 20-50 Persen : TUJUH TAHUN TOL LAUT LAYANI 32 TRAYEK, OPERASIONALKAN 32 KAPAL, SINGGAHI 114 PELABUHAN - Ciptakan Bisnis yang Sehat, MenKopUKM Harap Koperasi-koperasi Kecil Segera Merger

Kemenhub Lanjutkan Integrasi Bandara dengan Jalur KA

Desember 28, 2016 | news
Kabalitbang Kemenhub Agus Santoso dalam jumpa pers akhir tahun di Jakarta, Rabu (28/12)

Kabalitbang Kemenhub Agus Santoso dalam jumpa pers akhir tahun di Jakarta, Rabu (28/12)

JAKARTA (Globalnews.id) – Kementrian Perhubungan akan melanjutkan proyek integrasi bandar udara  dengan kereta api, menyusul  telah terintegrasinya  jalur Bandara Kualanamo ke Medan. Demikian salah satu materi jumpa pers akhir tahun Balitbang Kemenhub.

“Setelah Kualanamo Medan, selanjutnya sejumlah bandara juga akan terintegrasi dengan jalur KA, diantaranya  bandara Internasional Padang, Bandara Adisumarmo Solo dengan stasiun kota Balapan, Bandara Soeta dam Bandara Internasional Adisutjipto Jogjakarta dengan jalur luar,” ujar Kepala Balitbang Kemenhub Agus Santoso, dalam jumpa pers akhir tahun, dengan tema Melalui Penelitian dan pengembangan Terwujud Pembangunan Transportasi yang Efektif dan Efisien, di Jakarta Rabu (28/12).

Agus memberi contoh,  pengembangan jaringan kereta api (KA) dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo Solo adalah salah satu upanya untuk integrasi pesawat dengan kereta api. “Pengembangan itu jangka panjang untuk mewujudkan city airport, yakni menghubungkan dua bandara yang letaknya berdekatan,” katanya.

Selain itu, pembuatan jalur integrasi moda transportasi Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi juga akan dikerjakan.Sehingga, ke depan, tiga moda transportasi yang ada di Solo, yakni pesawat terbang, kereta api dan bus akan terkoneksi menjadi satu.

Agus Santoso membandingkannya  Bandara Heatrow London dengan dua bandara lain yang berdekatan juga menggunakan sistem city airport. Adapun Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dengan Adi Soemarmo Solo, yang hanya berjarak sekitar 50 kilometer, bisa menjadi city airport. Bandara Soekarno Hatta dengan Bandara Halim Perdanakusuma juga merupakan city airport.

Masih ada bandara lain yang dikembangkan, antara lain Bandara Juanda Surabaya yang akan diintegrasikan dengan jalan raya dan rel KA. ”Sehingga konektivitas antarkota jadi terwujud,” katanya. (jef)

 

Related For Kemenhub Lanjutkan Integrasi Bandara dengan Jalur KA