Kemenhub Siap Antisipasi Pergerakan Saat Libur Panjang Agar Tak Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19

Jakarta:(Globalnews.id)- Kementrian Perhubungan (Kemenhub) siap mengantisipasi pergerakan orang yang akan terjadi pada libur panjang akhir Oktober 2020 nanti. Meski kenaikannya tidak begitu signifikan namun pergerakan ini dijaga sedemikian rupa agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid 19.

“Kita prediksi kegiatan liburan ini ada kenaikan 10 sampai 20 persen. Jumlahnya mungkin tidak signifikan secara kumulatif, tetapi pergerakan itu dilakukan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam press background virtual bertema “Upaya Kemenhub Mengantisipasi Libur Panjang Akhir Oktober 2020”, di Jakarta, Jumat 23 Oktober 2020.

Dikatakan, Kementerian Perhubungan dan instansi lain seperti kepolisian akan mengawasi secara ketat transportasi darat, laut, dan udara saat libur panjang cuti bersama untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19.

“Kita tidak ingin saat liburan panjang akhir bulan ini justru menimbulkan lonjakan kasus Covid-19, sehingga perlu dilakukan pengawasan ketat kepada seluruh operator transportasi,” kata Menhub.

Menhub memprediksi potensi kepadatan terjadi di tiga titik yaitu, pertama, Jalan dari arah Jakarta menuju ke arah timur (Jawa Barat, Tengah, dan Timur).
Kedua, kapal penyeberangan ke arah Sumatera, dan ketiga di Bandara.

Terkait dengan kondisi curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini, Menhub mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara dan memastikan kondisi kendaraan seperti mesin, rem, ban dan kondisi diri dalam keadaan prima.(Jef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.