Menu
Gandeng Ina Produk Indonesia, MenKopUKM Ingin Direktori Digital Perluas Pasar UMKM Tanah Air - Animo Berbisnis Tinggi, Aku Saudagar Muda 2021 Terima 2.510 Pendaftar - Sinergi LPDB-KUMKM dan Perbankan Percepat Rekonsiliasi Data Rekening Dana Bergulir Periode 2000-2007 - KemenKopUKM Temukan Koperasi Diduga Lakukan Praktik Pinjol Ilegal - Meski Merupakan Pelaku Mayoritas, Namun Kontribusi UMKM Terhadap Nilai Ekspor Masih Kecil - MenKopUKM: Sinergi Perkuat Daya Saing UMKM untuk Kembangkan Pasar Nasional dan Global - Sinergi KemenkopUKM dan Pemkab Gianyar Bangkitkan Usaha Mikro Sektor Pariwisata di Bali - GMF dan Angkasa Pura I Tandatangani Nota Kesepahaman Rencana Kerja Sama Pemanfaatan Lahan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar - Banking & Property Outlook 2022: Sektor Properti Jadi Andalan Pemulihan Ekonomi Pascapandemi - Jelang Sumpah Pemuda, Politikus Muda PPP Ingatkan Pemerintah Agar Serius Memperhatikan Keamanan Siber

Kemenkop Apresiasi Lahirnya Koperasi di Ormas

Januari 26, 2017 | koperasi dan ukm
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram menerima pelakat usai menjadi keynote speaker pada acara launching Koperasi Komunitas LIRA Sejahtera bersama Presiden LIRA Ollies Datau beserta anggota, Jakarta (25/01/2017).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram menerima pelakat usai menjadi keynote speaker pada acara launching Koperasi Komunitas LIRA Sejahtera bersama Presiden LIRA Ollies Datau beserta anggota, Jakarta (25/01/2017).

JAKARTA:(Globalnews)- Kementerian Koperasi dan UKM mendukung Ormas Lumbung Informasi Rakyat (Lira) untuk mendirikan koperasi yang semodern mungkin dan sebaik mungkin untuk mengembangkan perekonomian dan kesejahteraan anggotanya.

Upaya itu dapat dilakukan antara lain dengan mengadakan pelatihan bagi para anggotanya, melihat dan kelayakan dan memanfaatkan usaha serta  menggunakan IT untuk bertransaksi dan berbisnis para anggotanya.

“Buatlah web site untuk menjalin komunikasi dan memajukan usaha para anggotanya, apalagi Lira ini lumbung informasi, maka komunikasi dengan anggota harus diutamakan,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam dalam acara Launching Koperasi Komunitas Lira Sejahtera dan kartu tanda anggota Lira, di Rumah Lira, Rabu (25/1/2017).

Sesuai dengan namanya Lira pimpinan Presiden Ollies Datau ini, Lumbung itu imbuh Agus, sangat vital karena tempat menyimpan barang dan jasa serta berbagai informasi dari usaha koperasi. Agus juga berpesan, koperasi itu yang lebih penting kualitas bukan kuantitasnya.

Agus mengapresiasi keinginan lembaga swadaya masyarakat  membentuk Koperasi, karena memang satu-satunya lembaga yang cocok untuk mengembangkan perekonomian anggotanya adalah koperasi.

“Kita menyambut baik karena hampir semua LSM umumnya mempunyai koperasi, ini membuktikan koperasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” jelas Agus Muharam. Ia berharap koperasi ini akan maju, karena banyak anggota yang sudah mempunyai usaha dan dalam Komunitas yang sama.

Di tempat yang sama Wakil Presiden Lira bidang Ekonomi Yuddi Komarudin mengatakan, koperasi yang didirikan ini adalah koperasi sebagai induk koperasi-koperasi yang ada di Lira.

“Kami berharap koperasi Lira ini bisa meningkatkan perekonomian anggota kami,” harap Yuddi. Kader lira jelasnya, sangat potensial membentuk koperasi karena ada di seluruh Indonesia.

Sementara Ketua Komite Koperasi dan UMKM Kadin Rifda Ammarina yang juga menjadi pembicara dalam launching koperasi Komunitas Lira Sejahtera berharap, koperasi ini dapat menjembatani para anggotanya untuk mengakses pembiayaan, mengakses pasar, mengakses pemerintah dan lain-lain, sehingga bisa mengetahui program-program pemerintah yang bisa dimanfaatkan anggotanya.

Koperasi diharapkan juga bisa menjadi lembaga yang maju seperti di luar negeri yang dapat bersinergi dengan pemerintah.

Presiden Lira Ollies Datau menambahkan, organisasi yang dipimpinnya sangat kuat karena sudah mengakar ke daerah-daerah di seluruh Indonesia. Sehingga pas sekali Lira mendirikan koperasi.

“Seperti arahan Pak Agus Muharam tadi, kita memang sudah mempunyai basis IT yang bagus, penjualan produk-produk anggota kami terbantu dengan IT kami. Kita yakin koperasi ini dapat mensejahterakan perekonomian anggota kami,” pungkas Ollies. (jef)

Related For Kemenkop Apresiasi Lahirnya Koperasi di Ormas