Menu
Dorong UMKM Naik Kelas dan Ciptakan Enterpreneur Produktif, Menteri Teten Luncurkan New PLUT - Menteri Teten Dorong Kopi Robusta Lombok Go Internasional Melalui Ajang MotoGP - KemenkopUKM Gelar Pelatihan Vocational Bagi Penyandang Disabilitas Di NTB - Laba BNI 2021 Naik 3 Kali Lipat - LPDB-KUMKM Siap Lakukan Pendampingan Koperasi Potensial - Lepas Lair Band Tur ke Enam Negara, MenKopUKM: Akar Budaya Indonesia Adalah Sumber Ekonomi Kreatif - MenKopUKM Teten Masduki Sambut Inisiatif Bill Gates dan Filantropis Dunia Dukung UMKM Indonesia - MenKopUKM Dorong Peternak Ayam Ciremai Group untuk Manfaatkan KUR Klaster Pertanian - Tim Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah Audiensi dengan Kejagung RI - Menteri Teten: Kacang Koro Pedang Jadi Alternatif Atasi Ketergantungan Impor Kedelai

Kemenkop dan UKM Berikan Dana Program Wirausaha Pemula untuk Kawasan Ekonomi Khusus

Mei 13, 2018 | koperasi dan ukm


PANDEGLANG: (Globalnews.id) Kementerian Koperasi dan UKM mengalokasikan dana program Wirausaha Pemula (WP) untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Salah satu kawasan KEK, yaitu Kabupaten Pandeglang mendapat alokasi dana sebesar Rp 595 juta untuk 49 orang penerima WP.

Asisten Deputi Permodalan, Deputi Bidang Pembiayaan Luhur Pradjarto mengatakan agar 49 orang penerima dana WP dapat memanfaatkannya dengan benar guna mendukung pengembangan usahanya sehingga dapat memajukan perekonomian di daerah KEK, sekaligus membangun masyarakat di daerah pinggiran sebagaimana Nawacita ketiga Presiden Jokowi-JK.

Berdasarkan data, dari 49 orang penerima, diantaranya 50% adalah usaha mikro yang usahanya dalam pengolahan makanan seperti kue-kue kering dan basah, emping melinjo.

“Saya harap agar para penerima WP dapat menjaga kualitas produk dalam mengolah makanan dengan memperhatikan higienitas. Di samping itu, para peserta segera mengurus ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang dikeluarkan BPOM,” kata Luhur.

Ikrima Yuntami (23), salah satu peserta WP yang lolos seleksi sangat bangga bisa mendapatkan bantuan WP. Ikrama mengelola usaha kue kering dan basah dengan omzet Rp 550.000 per hari.

“Uang yang saya dapatkan akan saya gunakan untuk membeli mixer besar, oven kapasitas empat loyang, kompor gas dan bahan baku sehingga bisa melayani pesanan lebih banyak dan cepat,” kata Ikrama.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Firman Abdul Kadir mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang telah memberikan perhatian kepada usaha mikro kecil Kabupaten Pandeglang. Kepada penerima bantuan WP diharapkan dapat memasarkan produk-produknya secara Online dan juga bagi UKM yang mempunyai usaha kerajinan dapat memasarkan melalui Smesco di Pavilium Provinsi Banten. Untuk itu, penerima dihimbau membentuk kelompok atau Koperasi atau bergabung dengan Koperasi. (jef)

Related For Kemenkop dan UKM Berikan Dana Program Wirausaha Pemula untuk Kawasan Ekonomi Khusus