Menu
Dorong UMKM Naik Kelas dan Ciptakan Enterpreneur Produktif, Menteri Teten Luncurkan New PLUT - Menteri Teten Dorong Kopi Robusta Lombok Go Internasional Melalui Ajang MotoGP - KemenkopUKM Gelar Pelatihan Vocational Bagi Penyandang Disabilitas Di NTB - Laba BNI 2021 Naik 3 Kali Lipat - LPDB-KUMKM Siap Lakukan Pendampingan Koperasi Potensial - Lepas Lair Band Tur ke Enam Negara, MenKopUKM: Akar Budaya Indonesia Adalah Sumber Ekonomi Kreatif - MenKopUKM Teten Masduki Sambut Inisiatif Bill Gates dan Filantropis Dunia Dukung UMKM Indonesia - MenKopUKM Dorong Peternak Ayam Ciremai Group untuk Manfaatkan KUR Klaster Pertanian - Tim Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah Audiensi dengan Kejagung RI - Menteri Teten: Kacang Koro Pedang Jadi Alternatif Atasi Ketergantungan Impor Kedelai

KemenKopUKM: Festival Diskon Nasional, Pacu Pemulihan Ekonomi

Desember 5, 2021 | koperasi dan ukm

Jakarta:(Globalnews.id)- Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM, Bidang Ekonomi Makro Rulli Nuryanto menegaskan, pelaksanaan Festival Diskon Nasional merupakan momen yang sangat baik untuk menghadirkan UMKM unggulan lokal dari Jakarta dan sekitarnya, untuk dapat bersaing di level nasional dan global. Selain itu, ajang ini dapat menjadi pendongkrak ekonomi, ditengah upaya pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional.

“Ajang ini dapat menjadi insentif bagi masyarakat untuk berbelanja produk UMKM lokal, yang akan berimbas pada perputaran roda ekonomi dan akselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ujar Rulli dalam acara Festival Diskon Nasional, mewakili Menteri Koperasi dan UKM, Sabtu (4/12).

Rulli menambahkan, pelaksanaan Festival Diskon Nasional, merupakan wujud gelaran puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Desember 2021.

Menurutnya, Sejak diinisiasi Mei 2020, Gernas BBI sudah menghantarkan total 8,4juta pelaku UMKM hadir dalam ekosistem digital. Tumbuh lebih dari 100% dalam 1.5 tahun.

“Untuk itu, transformasi digital UMKM secara utuh, pendekatan dari hulu ke hilir, menjadi keniscayaan. Ini menjadi ikhtiar kita bersama agar ekonomi digital dapat dimanfaatkan untuk sepenuh-penuhnya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dalam upaya sinergi dan penyelarasan upaya transformasi digital Koperasi dan UMKM, lanjut Rulli, Kementerian Koperasi dan UKM, telah menggelar Rapat Koordinasi Nasional Transformasi Digital Koperasi dan UMKM pada tanggal 12-14 November 2021 di Semarang, dengan mengikutsertakan stakeholder terkait dari lintas K/L dan industri/platform dengan metode Delphi.

Dari hasil Rakor tersebut memunculkan substansi berkenaan transformasi digital antara lain, Pendampingan yang berkelanjutan khususnya dari industri/platform, Insentif bagi pelaku usaha untuk percepatan akselerasi transformasi digital KUMKM serta bagi masyarakat agar berbelanja produk UMKM, dan Pembangunan infrastruktur digital yang terus ditingkatkan.

“Di sinilah peran Festival Diskon Nasional menjadi sangat krusial karena bersentuhan langsung pada aspek onboarding digitalisasi, sekaligus insentif masyarakat untuk berbelanja,” ungkapnya.

Selain itu Rulli menekankan, digitalisasi harus mampu hadir sejalan dengan inovasi model bisnis, pendampingan yang berkelanjutan, dan value creation dari produknya yang relevan dengan permintaan pasar terkini. Sehingga, utuh menjelma menjadi usaha yang kuat, UKM masa depan Indonesia.

“Saya menyampaikan harapan, bahwa Festival Diskon Nasional, Gernas BBI Desember 2021 dapat menjadi katalis transformasi digital UMKM, menjadi role-model sinergi dan kolaborasi, serta wadah inovasi dari UMKM kebanggaan Indonesia,” pungkasnya. (Jef)

Related For KemenKopUKM: Festival Diskon Nasional, Pacu Pemulihan Ekonomi