Sepuluh Bandara Angkasa Pura I Raih Akreditasi Pelayanan Pelanggan Level 2 dari ACI

Jakarta:(Globalnews.id)-Sepuluh bandara  PT Angkasa Pura I (Persero) berhasil memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program Level 2 dari Airports Council International (ACI). 

Capaian ini sekaligus menaikkan level akreditasi yang telah diperoleh pada tahun 2019 lalu di mana 10 bandara yang dikelola Angkasa Pura I telah mencapai Level 1 pada Airport Customer Experience Accreditation Program. Sertifikat Airport Customer Experience Accreditation Level 2 ini diraih setelah melalui proses pelatihan, penilaian, verifikasi data, dan _video conference_.

Adapun 10 bandara  Angkasa Pura I yang berhasil memperoleh akreditasi level 2 ini yaitu:
1. Bandara I Gusti Ngurah Rai – Bali
2. Bandara Juanda – Surabaya
3. Bandara Sultan Hasanuddin – Makassar
4. Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan
5. Bandara Jenderal Ahmad Yani – Semarang
6. Bandara Sam Ratulangi – Manado
7. Bandara El Tari – Kupang
8. Bandara Pattimura – Ambon
9. Bandara Adi Soemarmo – Solo
10. Bandara Internasional Lombok – Praya

“Kami bangga bahwa komitmen kami dalam meningkatkan _level of service_ serta _customer experience_ di bandara-bandara yang kami kelola berhasil mendapat akreditasi internasional melalui Airport Customer Experience Accreditation Program Level 2 dari ACI meskipun di tengah keterpurukan industri aviasi global akibat pandemi Covid-19,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Pada pencapaian program Level 2 ini, 10 bandara Angkasa Pura I telah diakui keberhasilannya  dalam mempromosikan strategi pengalaman pelanggan yang baik, membuat pemetaan perjalanan pelanggan dan membantu memfasilitasi departemen yang terdiri dari beberapa fungsi untuk memimpin bersama rencana pengalaman pelanggan.

Airport Customer Experience Accreditation adalah Program Akreditasi berlevel yang dirancang khusus untuk industri bandara dan didedikasikan bagi anggota ACI.  Terdapat 5 Level dalam akreditasi ini, di mana bandara akan mendapatkan akreditasi berdasarkan pelaksanaan pelayanan di lapangan dalam 8 komponen, di antaranya: _customer understanding, strategy, measurement, operational improvement, governance, airport culture, service design/ innovation, dan airport community collaboration._

“Akreditasi ini bertujuan untuk membantu pengelola bandara dalam meningkatkan pengalaman, mempromosikan dampak positif dan memenuhi harapan pelanggan yang terus berkembang. Selamat kepada pengelola bandara yang telah berhasil mencapai status akreditasi ini,” kata ACI World Director Angela Gittens.
Pura I dapat dilihat di www.ap1.co.id.(Jef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.