JAKARTA:(GLOBALNEWS.ID)- Maspakai penerbangan Indonesia AirAsia kembali menunjukan komitmennya terhadap pengembangan wisata di Indonesia.
Berkolaborasi dengan Tobatenun, BPODT, dan Injourney, pesawat AirAsia Airbus A320 PK-AZR akan resmi mengudara dengan livery Danau Toba,dalam suatu prosesi di Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia, di Jakarta, Jum’at (17/2/2023). Kolaborasi ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian promosi pariwisata Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan ajang F1 Powerboat World Championship tahun 2023.
Livery pesawat AirAsia ini bertemakan keindahan alam dan kain tenun Toba, dimana badan pesawat dihias ilustrasi yang menggambarkan proses pembuatan kain tenun dengan latar belakang keindahan alam Danau Toba. Proses kreatif penciptaan livery ini dilakukan oleh Tobatenun selama kurang lebih dua bulan, dengan memasukkan unsur-unsur yang dapat memperkaya destinasi utama Danau Toba.
Direktur Utama Indonesia AirAsia Veranita Yosephine menyatakan rasa senangnya karena Indonesia AirAsia dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan dan promosi pariwisata di wilayah Danau Toba dan sekitarnya sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas. “Seperti yang kita ketahui bersama, tahun lalu kami membuka rute Silangit. Sejak beroperasi, tingkat keterisian rute Silangit tersebut rata-rata untuk setiap penerbangannya mencapai 83.6%. Ini merupakan bukti bahwa masyarakat menerima keberadaan AirAsia sebagai maskapai pilihan untuk terbang ke destinasi wisata.” tutur Veranita.
“Tentunya kami juga berharap agar kerjasama ini akan terus membuka peluang untuk menjaring banyak turis berkunjung ke Danau Toba dan sekitarnya, sehingga pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah setempat dapat terus berkembang.” papar Veranita lebih lanjut.
Sementara itu, Selaku UMKM yang mewakili ekonomi kreatif dan komunitas di Sumatera Utara, Tobatenun mewujudkan tanggung jawabnya dalam keberlanjutan ekosistem tenun dan lingkungan sekitar dengan melakukan pengembangan kain tenun Batak di enam daerah yaitu Toba, Dairi, Karo, Medan, Simalungun dan Angkola.
Selain melakukan revitalisasi kain-kain lawas, Tobatenun juga membuka ruang ide dan kreasi bagi para artisan tenun untuk menciptakan motif-motif baru dengan kombinasi warna yang menarik pasar nasional.
Sebagai wirausaha sosial, Tobatenun melakukan pendekatan dengan pengrajin secara holistik dan mencoba tumbuh bersama masyarakat daerah dengan mendirikan Jabu Bonang sebagai rumah komunitas tenun pada tahun 2022 dan telah memiliki rumah pewarnaan alami untuk mendekatkan material utama dalam membuat kain tenun.
CEO dan Founder Tobatenun Kerri na Basaria mengatakan, “Kami senang sekali dapat berkontribusi dalam mempromosikan Kawasan Danau Toba dan sekitarnya bersama-sama dengan Indonesia AirAsia. Gambar yang terlihat di badan pesawat mewakili karya kreatif Tobatenun, yaitu motif-motif kain tenun kontemporer yang terinspirasi dari motif kain tenun Batak tradisional, perempuan penenun, keindahan Danau Toba dan kekayaan budaya Batak seperti bunga rias atau kecombrang yang sering dipakai di masakan Batak seperti ikan arsik atau sambal rias. Kami berharap agar livery pesawat tersebut mengundang keingintahuan tentang kekayaan kriya dan komunitas di Sumatera Utara, bahkan menarik publik untuk datang berkunjung dan merasakan pengalaman berwisata langsung di Danau Toba.”
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Jimmy Panjaitan juga menyampaikan, “Kami sangat menghargai inisiatif Indonesia AirAsia mempromosikan dan membuka akses kepada wisatawan mancanegara dan lokal untuk berkunjung ke Danau Toba. Ini merupakan langkah besar yang meningkatkan perekonomian masyarakat, baik melalui pariwisata dan ekonomi kreatif terutama dengan seni tenun kain ulosnya, maupun kuliner dan lainnya yang mengedepankan keunikan alam dan budaya kawasan Danau Toba.
Apalagi dengan diselenggarakannya ajang F1 Powerboat World Championship 2023, kami berharap agar sektor UMKM dapat semakin berkembang dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Danau Toba dan sekitarnya. Danau Toba menjadi tempat penyelenggaraan ajang KOPIKO F1Powerboat pada 254 – 26 Februari 2023.
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata BUMN Holding Pariwisata dan Pendukung PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono, sebagai penyelenggara ajang balap perahu motor super cepat terbesar ini menyampaikan harapannya melalui kerjasama yang terjalin antara IAA, Tobatenun, BPODT dan InJourney.
“Ajang internasional F1Powerboat ini merupakan event yang pertama yang dilakukan di danau vulkanik terbesar di dunia yaitu Danau Toba. Animo masyarakat yang luar biasa terlihat dari tiket yang terjual habis hanya dalam waktu 23 menit dari pertama kali dibuka di tanggal 7 Februari lalu.,” terang Maya.
Maya juga menjelaskan bahwa kesiapan saat ini sudah mencapai 95% untuk race venue. Dalam tiga hari ini, tanggal 18 – 20 Februari 2023 terdapat 300 kru internasional yang datang ke Silangit.
“Terima kasih untuk Air Asia yang juga telah menambah penerbangannya ke Silangit untuk mendukung F1Powerboat. Ajang olahraga internasional, livery pesawat yang unik dan kekhasan kain tenun ulos merupakan kombinasi yang sangat luar biasa, yang kami harapkan akan banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba,” tambah Maya.
F1Powerboat disiarkan secara langsung di TV Nasional yaitu RCTI dan TVRI serta TV Internasional yaitu Euro Sport dan Fox Sport yang mana berpotensi dapat menjangkau 180 juta penonton di seluruh dunia. InJourney terus berkolaborasi dan berkoordinasi dengan para stakeholders untuk menyukseskan ajang ini.Harapannya, ajang ini akan memberikan multiplier effect kepada masyarakat sekitar Danau Toba serta meningkatkan perekonomian bagi sektor UMKM lokal.
Terkait dengan penyelenggaraan ajang olahraga tersebut, Veranita Yosephine mengatakan, “Saya ucapkan selamat kepada InJourney atas penyelenggaraan ajang F1 Powerboat World Championship 2023. Membanggakan sekali ajang ini bisa terselenggara di Indonesia, khususnya di Danau Toba. Saya yakin bahwa apabila kita terus mengupayakan kolaborasi positif untuk mengangkat keunikan dan keindahan Indonesia di mata dunia internasional seperti yang kita lakukan saat ini, industri pariwisata Indonesia akan cepat pulih dan bangkit kembali. Itulah yang menjadi komitmen dan tujuan kami di Indonesia AirAsia ”
Sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik dunia yang memiliki jaringan kuat ke berbagai negara, AirAsia akan terus melakukan berbagai upaya mendukung pariwisata di Indonesia melalui berbagai kolaborasi bersama pemerintah pusat, daerah dan para pemangku kepentingan dalam industri pariwisata.
Terhitung mulai dari tanggal 16 Februari, AirAsia Indonesia menambah frekuensi terbang dengan melayani penerbangan rute Jakarta-Silangit sebanyak 7 hari dalam seminggu dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan kuota bagasi gratis sebesar 20 kg dan kuota bagasi kabin sebesar 7 kg.
Tiket penerbangan rute Jakarta-Silangit ini sudah dapat dipesan melalui aplikasi AirAsia Super App, situs airasia.com, biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke iaa_groupdesk@airasia.com.
AirAsia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah.
Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/airasiasuperapp.id), dan Instagram (instagram.com/airasuperapp.id).(Jef)