Jakarta:(Globalnews.id) – Dalam rangka meningkatkan akses promosi, belanja, dan penggunaan produk UMKM pada momen bulan suci Ramadan 1444 H, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menyelenggarakan Bazar Produk UMKM.
Bazar kali ini yang bertajuk “Bertumbuh dan Meraih Berkah Bersama KUMKM” digelar di lobby dan halaman Kantor KemenKopUKM, Jakarta.
Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Yulius mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan mulai 12 April sampai dengan 14 April 2023 tersebut diikuti oleh 67 UMKM.
“Bazar Ramadhan ini diikuti 67 UMKM. Ada di lobby 20 UMKM dengan produk fesyen, craft/aksesoris, dan di lobby luar ada 5 UMKM dengan produk makanan siap saji/tajil, serta di halaman depan ada 42 UMKM dengan produk makanan, minuman termasuk sembako dan frozen food,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Yulius pada Peresmian Bazar Produk UMKM di Kantor KemenKopUKM, Jakarta, Rabu (12/4).
Lebih lanjut, Yulius menambahkan pelaksanaan Bazar Ramadan 1444 H ini merupakan kali pertama dilaksanakan KemenKopUKM semenjak pandemi.
Kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat produk-produk unggulan UMKM dan mendukung pemulihan ekonomi UMKM serta berkontribusi bagi tercapainya Indonesia emas tahun 2045.
“Para pelaku UMKM diharapkan dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia dengan menghasilkan karya dan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing,” kata Yulius.
Selain itu, produk UMKM yang unggul dan berkualitas diharapkan dapat tersaji dalam kegiatan Bazar ini. Bazar juga diharapkan dapat menjadi satu media untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM agar semakin dikenal secara luas oleh masyarakat sehingga akan membangkitkan rasa cinta dan bangga kepada produk-produk Indonesia.
Yulius mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong partisipasi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar berbelanja produk KUMKM.
“Harapannya ke depan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terselenggara secara berkelanjutan melalui kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak terkait,” ujarnya.
Dalam pembukaan bazar juga dilaksanakan penyerahan simbolis santunan bagi anak Yatim dan kaum Duafa.
Bazar ini didudukung oleh perusahaan BUMN dan swasta, dari BUMN mencakup PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Perum Bulog, dan PT Pegadaian. Ada pula dukungan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Indofood, GarudaFood, Wardah, Alfamart, dan lainnya.(Jef)