Jakarta:(Globalnews.id)- Meskipun sedang berada di tengah situasi pandemi, kegiatan pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat harus tetap berjalan. Namun, berbeda seperti pada masa biasa-nya, pada masa pandemi ditemukan banyak tantangan oleh para konsumen, salah satu-nya adalah pemilihan tempat belanja yang aman, nyaman, dekat, dan yang terpenting jauh dari kerumunan. Dikarenakan situasi force majeure ini, sebagian besar konsumen akhirnya memilih untuk berdiam di kenyamanan rumah dan belanja secara online dari toko-toko ritel besar. Namun, disayangkan ketika realita-nya, usaha mikro, kecil, hingga menengah dengan sumber daya yang terbatas harus mengalami kesulitan berjualan, akibat perubahan pola belanja masyarakat ini.
Guna menjawab kebutuhan masyarakat dan membantu pelaku usaha mikro, kecil, hingga menengah dalam kegiatan jual-beli di masa pandemi, pada hari ini (2 November 2020), JD.ID secara resmi meluncurkan fitur terbaru ‘Nearby Shops’. Melalui fitur ‘Nearby Shops’, para mitra brand dan seller (mulai dari UMKM hingga brand skala besar) dapat mendaftarkan toko dan lokasi mereka, yang mana sistem kemudian akan memberikan eksposur atas toko dengan menampilkan daftar toko yang terdekat dari lokasi pelanggan.
Selain itu, dengan memanfaatkan fitur yang mengadaptasi konsep online-to-offline (O2O) ini, para pelanggan juga dapat dengan mudah mengunjungi dan berbelanja barang kebutuhan mereka di toko-toko favorit terdekat. Menjadikan batas jarak dan waktu tempuh antara lokasi penjual dan pembeli semakin dekat dan singkat.
Hingga saat ini, fitur ‘Nearby Shops’ dapat digunakan oleh seluruh pelanggan setia JD.ID di kawasan Jabodetabek, dengan Gojek sebagai mitra penyedia layanan logistik instan. Kedepan-nya, JD.ID akan bekerjasama dengan lebih banyak lagi mitra, untuk menghadirkan pilihan produk yang lebih lengkap, berkualitas, dan #DijaminOri, dengan cakupan wilayah yang lebih luas, dan layanan pengiriman yang andal, cepat, dan tepat.
Sehubungan dengan peluncuran fitur ‘Nearby Shops’ pada platform JD.ID, Eyvette Tung, selaku Head of Offline Business JD.ID menjelaskan, “Situasi dan kondisi di masa pandemi mendorong kita untuk melaju lebih cepat dalam memasuki era yang didominasi oleh kegiatan serba online, salah satunya belanja online. Platform e-commerce, sebagai salah satu tokoh utama dalam kegiatan jual-beli secara online, dituntut untuk terus memikirkan cara agar tetap fresh, relevan, dan signifikan di tengah masyarakat.”
“Maka dari itu, JD.ID akan terus berupaya untuk selalu memberikan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman kepada para pelanggan melalui rangkaian inovasi. Melalui fitur ‘Nearby Shops’ ini, JD.ID juga bertujuan untuk menawarkan keserbagunaan bagi para pelanggan setia, sekaligus memberikan pengalaman belanja yang tak terlupakan, dengan sentuhan pendekatan baru.”, ungkap Eyvette.
Melengkapi peluncuran dari fitur ‘Nearby Shops’, JD.ID juga memfasilitasi pelanggan dengan delapan (8) gerai JD HUB di delapan lokasi strategis yang tersebar di area Jabodetabek. JD HUB sendiri merupakan toko ritel offline milik JD.ID yang menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Dengan memanfaatkan fitur terbaru ini, pelanggan setia JD.ID dapat belanja berbagai kebutuhan di JD HUB, dengan lebih mudah dan cepat.
Gunakan fitur terbaru JD.ID ‘Nearby Shops’ dan nikmati berbagai kemudahan, seperti jaminan keaslian toko dan produk, pengiriman paket pesanan dengan cepat dan instan, ragam variasi dan jenis produk, hingga berbagai penawaran spesial, mulai dari potongan harga hingga voucher belanja.
Cek informasi selengkap-nya mengenai fitur terbaru JD.ID ‘Nearby Shops’ melalui website www.jd.id atau melalui mobile apps JD.ID yang tersedia di iOS dan Android.(Jef)