Menu
MenkopUKM Ungkapkan 3 Strategi Utama Tingkatkan Ekspor UMKM - KemenkopUKM Gelar FGD Pengembangan Usaha Mikro di Kawasan Wisata Mandalika - Indahnya Keberagaman pada Festival Teluk Jailolo - Pelaku Kreatif Kuliner Bandung Inisiasi Wadah Koperasi untuk Permudah Pembiayaan - MenkopUKM: Berwirausaha Menjadi Pilihan Strategis bagi Kaum Milenial - MenkopUKM Dorong Kopkar RSCM Masuk ke Sektor Usaha Alat Kesehatan - Pemerintah Targetkan 30 Juta Pelaku UMKM Tergabung dalam Ekosistem Digital pada 2030 - Kanwil BRI Jakarta II Salurkan Sembako ke Anak Yatim dan Lansia di Desa Cidokom, Bogor - SeskemenkopUKM: Target Pembangunan Koperasi dan UMKM Tercapai Bila Program Pusat dan Daerah Selaras - MenkopUKM: UMKM Harus Bangun Produk Unggulan yang Khas dan Unik

Kemenkop dan UKM Berharap Wonderful Sabang and Marine Expo Jadi Ajang Promosi Produk Unggulan Daerah

Desember 3, 2017 | koperasi dan ukm

SABANG:(Globalnews.id)-Pameran Wonderful Sabang and Marine Expo 2017 resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (1/12/2017) di Dermaga Jetty CT 3 BPKS, Sabang, Aceh. Pameran ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017 sekaligus untuk mempromosikan potensi produk unggulan Indonesia.

Pameran Wonderful Sabang and Marine Expo 2017 akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 1 s/d 5 Desember 2017 dan dibuka untuk umum.

Area pameran seluas 3400 meter persegi dengan partisipasi peserta dari 107 Kementerian/lembaga (K/L), perwakilan provinsi maupun perbankan.

Kementerian dimaksud yakni Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata, Sekretariat Kabinet, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Desa Pembangunan dan daerah Tertinggal.

Peserta pameran dibagi menjadi tiga bagian yang seluruhnya berjumlah 196 booth. Bagian pertama blok A diisi Pemda dan SKPD Aceh dan Sabang sebanyak 22 stand, bagian kedua Blok B diisi BUMN dan perbankan berjumlah 38 stand, bagian ketiga Blok C diisi seluruh Kementerian/Lembaga 109 stand. Sisanya tenda Sarnafil 5 stand dan area kuliner 22 stand.

Dalam rangka mendukung dan memeriahkan Pameran Wonderful Sabang and Marine 2017 juga diselenggarakan rangkaian acara antara lain Music performance, pertunjukan tarian, acara hiburan lainnya yang dapat dinikmati oleh para pengunjung maupun peserta pameran.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kemenkop dan UKM I Wayan Dipta yang ditunjuk sebagai koordinator pameran mengatakan Wonderful Sabang & Marine Expo 2017 akan menjadi wahana bagi produk unggulan daerah dan juga meningkatkan investasi dan promosi kunjungan wisata ke Indonesia.

“Dari hasil transaksi selama 1 hari secara umum terbilang bagus. Dan ini pameran terbaik katanya selama event sail yang dilaksanakan sejak 2009, sudah 8 kali,” kata Wayan, Sabtu (2/12/2017).

Dalam kesempatan pameran tersebut, Wayan mengatakan bahwa pihaknya turut memfasilitasi sertifikasi hak cipta dan hak merek bagi pelaku UKM Aceh, masing-masing hak cipta Batik Aceh kepada Hikmah Muliadi dan hak merek Cilet Cokelat kepada Supriadi.

“Kedepan diharapkan banyak wisatawan yang datang ke sini semakin banyak juga produk kita bisa berkembang pemasarannya ke mancanegara,” ujarnya.(jef)

Related For Kemenkop dan UKM Berharap Wonderful Sabang and Marine Expo Jadi Ajang Promosi Produk Unggulan Daerah