Jakarta:(Globalnews.id) – Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) atau Smesco Indonesia siap mempromosikan produk UMKM binaannya secara digital, dengan menggelar Sparc Live Shopping pada 11-13 Maret 2021.
Program ini akan melibatkan 44 UMKM dengan 185 jenis produk yang lolos kurasi dari total 100 UKM dengan 245 produk yang mendaftar ke Smesco. Sparc Live Shopping Maret 2021 akan mengangkat produk herbal dan spa unggulan dari UMKM seluruh Indonesia.
Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengatakan, digelarnya Sparc Live Shopping ini merupakan upaya pihaknya sebagai lembaga pemasaran, bagaimana mengenalkan produk-produk unggulan Smesco juga bisa bersaing dengan produk lainnya di marketplace.
“Ini jadi bagian dari effort Smesco untuk mendorong penjualan produk UMKM supaya jumlahnya makin besar, dan kita makin bangga produk Indonesia. Targetnya di 2021 UMKM bangkit dan naik kelas bisa tercapai,” ujarnya dalam Konfrensi Pers Belanja Online Sparc Live Shopping Produk Herbal dan Spa Lokal Unggulan secara virtual, Rabu (10/3).
Ke depan lanjut Leo, dalam mewujudkan UMKM unggulan go digital, pihaknya juga tengah mempersiapkan upaya lain dengan membentuk platform khusus penjualan produk Smesco yang diberi nama Sparc Trade, di mana Sparc Live Shopping ini menjadi bagian dari upaya menuju platform khusus dengan mencari bibit unggulan mitra UMKM nasional.
“Sparc Trade ini kami orientasikan untuk meningkatkan ekspor, bagaimana produk UMKM champion dari Sparc Live Shopping ini kita bawa lebih besar lagi,” ucapnya.
Selain itu, kata Leo, Smesco juga memiliki Sparc Campus yang menjadi bagian dari Sparc Trade sebagai agregator, memberikan pelayanan, pelatihan, inkubasi serta kerja sama dengan mitra. Smesco mendorong pelaku koperasi dan UKM onboarding bisnisnya di ranah digital.
Rencananya, Smesco bakal mengembangkan program Sparc Live Shopping tiap bulan atau secara berkala dengan tema produk yang berbeda-beda. Program ini juga berkolaborasi dengan platform Belanja.bio, GoJek dan Go Play.
Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada menambahkan, untuk kerja sama dengan UMKM, tentunya harus UMKM yang sudah onboarding dan melalui tahap kurasi dengan kriteria yang ditetapkan oleh Smesco, baik yang telah memiliki izin, serifikasi serta standar kualitas.
“Kerja sama dengan UMKM kami juga bantu di sisi logistiknya, termasuk ongkos kirim, harga diberikan kepada kami. Mereka (UMKM) antusias, bahkan ada UMKM yang memberikan diskon 20-50 persen,” katanya.
Agar menarik minat masyarakat, program belanja smart shopping ini memberikan diskon hingga 70 persen dan gratis ongkos kirim bagi shoppers. Program belanja ini pun bisa diakses lewat streaming di Go Play maupun di link live.smesco.go.id. Sparc Live Shopping Smesco mendukung program Future UKM Kementerian Koperasi dan UKM. (Jef)