Jakarta:(Globalnews.id)- PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) kembali menghadirkan virtual tour on board edisi keempat di tahun 2020 ini untuk masyarakat Indonesia. Kali ini, virtual tour on board yang diselenggarakan melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Rabu (23/9) mengangkat tema “Jalan-Jalan Petang di KM Dorolonda”.
Plt. Manager Humas, Kelembagaan dan CSR Idayu Adi Rahajeng menyampaikan bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti virtual tour on board di atas kapal PELNI. Virtual tour yang pertama digelar oleh PT PELNI pada 17 Juli 2020 lalu di KM Kelud diikuti oleh 81 peserta, dan peserta terbanyak virtual tour on board adalah pada 14 Agustus 2020 yang dilaksanakan di kapal ternak KM Caraka Nusantara 1 dengan jumlah peserta 100 orang. “Masyarakat sangat antusias mengikuti virtual tour di era adaptasi baru saat ini, terutama saat PSBB berlangsung yang mengharuskan setiap kegiatan dilaksanakan di rumah, termasuk adanya pembatasan rekreasi,” ungkap Idayu.
KM Dorolonda kali ini menjadi pilihan PT PELNI untuk gelaran virtual tour on board yang keempat. KM Dorolonda adalah salah satu dari 26 kapal penumpang milik PT PELNI yang memiliki kapasitas penumpang sebanyak 2000 pax dengan rute pelayaran Tg. Priok – Surabaya – Makassar – Baubau – Namlea – Ambon – Ternate – Bitung – Ternate – Ambon – Namlea – Baubau – Makassar – Surabaya – Tg. Priok.
Kegiatan virtual tour on board ini dikenakan biaya sebesar Rp 30.000,- per orang untuk mendapatkan link dengan registrasi melalui http://bit.ly/VirtualNightDoro. Dengan biaya yang terjangkau ini, peserta dapat menikmati serunya jalan-jalan petang di KM Dorolonda bersama nahkoda dan host. “Peserta akan berkeliling KM Dorolonda secara virtual dipandu oleh Nahkoda Capt. Sumarjo Pujo Harnowo dan host untuk menikmati indahnya sunset dari atas Top Deck KM Dorolonda, sebuah spot yang menjadi andalan bagi rekan-rekan yang hobby fotografi,” terang Idayu.
Peserta juga akan melihat ruangan dan fasilitas yang ada di KM Dorolonda, mengunjungi ruang kemudi, dan melihat penerapan protokol kesehatan di atas kapal. “Kedepannya, virtual tour on board akan menjadi program rutin pada PELNI Lifestyle yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan, sehingga dapat memuaskan rasa ingin jalan-jalan masyarakat yang saat ini kegiatannya masih dibatasi untuk menekan pertambahan jumlah penyebaran virus Covid-19. Kita harus terus patuhi himbauan Pemerintah untuk tetap di rumah dan menerapkan 3 M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak,” tambah Idayu.
Selain memperkenalkan dunia maritim yang diperkuat dengan armada kapal milik PT PELNI, program virtual tour juga ingin menggandeng pemerintah daerah yang memiliki potensi wisata alternatif. “Banyak daerah yang dibatasi oleh akses transportasi, namun menyimpan kekayaan budaya dan bentang alam yang menarik dan potensial untuk menjadi tujuan wisata baru,” pungkas Idayu.
Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan virtual tour on board, masyarakat dapat mengakses media sosial resmi PT PELNI di instagram @Pelni162 dan website www.pelni.co.id atau bisa juga menghubungi contact center PELNI di 021-162 dan nomor admin PELNI Lifestyle 081388889162.
PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 46 trayek kapal perintis yang menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. Hingga saat ini, PELNI melalui PELNI Lifestyle telah memiliki paket wisata bahari di Karimunjawa, Banda Neira serta MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition) seperti venue on board, tour on board dan photo spot.(jef)