Jakarta:(Globalnews id)- Setelah sukses digelar pada 2020, ajang Pahlawan Digital UMKM kembali dilangsungkan tahun ini sebagai program kolaborasi Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dengan Staf Khusus Presiden Putri Tanjung yang bertujuan untuk mencari inovator digital yang berkomitmen membantu para pelaku UMKM naik kelas dan lebih berdaya dengan berbagai inovasi dan solusi digital.
Sesaat setelah pendaftaran ditutup, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki bersama Putri Tanjung mengumumkan 20 besar peserta dalam acara Kick Off Pahlawan Digital UMKM 2022: ‘Merayakan Transformasi Digital UMKM Indonesia’ pada Senin (3/10).
Pahlawan Digital UMKM tahun ini didukung penuh oleh GoTo, BRI, Telkomsel, Grab, dan VIDA.
Sejak pendaftaran dibuka pada 29 Agustus 2022, sebanyak 269 inovator digital turut mendaftar untuk menjadi Pahlawan Digital UMKM 2022. Pendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, daerah-daerah lain di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi. Dari total inovator digital yang mendaftar, lebih dari 60 persen persen berasal dari luar Jabodetabek.
Dalam acara tersebut, Menteri Teten dan Putri Tanjung juga berdialog dengan lima perwakilan dari 20 besar peserta dan pelaku UMKM di bidang fesyen kriya, makanan minuman, dan agribisnis.
MenKopUKM mengatakan, ajang Pahlawan Digital UMKM mencari anak-anak muda inovatif yang bisa mengembangkan teknologi untuk mendongkrak UMKM naik kelas dengan bertransformasi digital.
“Kenapa identik dengan anak muda? Karena digitalisasi itu butuh percepatan, anak muda mampu mengakselerasi kecepatan dalam membantu UMKM mengadopsinya. Dan hal ini memang banyak dilakukan oleh anak muda. Terbukti saat pandemi, aplikasi digital anak muda banyak membantu UMKM mencari solusi dari keterpurukan pandemi,” ucapnya dalam dialog sekaligus memberikan arahan.
Menteri Teten mengatakan, setidaknya sudah ada 20,24 juta UMKM telah onboarding digital per Agustus 2022, bertambah 12,24 juta sejak awal pandemi atau 31,1 persen dari total populasi UMKM, atau 67,4 persen dari target 30 juta UMKM onboarding ke ekosistem digital pada 2024.
“Digital ekonomi Indonesia ini diprediksi besar sekali, diproyeksi mencapai angka Rp 4.531 triliun pada 2030, potensi terbesar di Asia Tenggara. Jangan sampai potensi ekonomi digital ini justru didominasi produk dari luar,” kata Teten.
KemenKopUKM melalui ajang Pahlawan Digital ingin melindungi UMKM termasuk industri. Bagaimana Pemerintah membuat kebijakan agar para pegiat digital ini bukan hanya untuk keuntungan ekonomi semata, tetapi juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat, terutama UMKM.
Digitalisasi, kata MenKopUKM, bukan hanya marketplace, tetapi juga social commerce, games commerce, TV commerce, dan lainnya, di mana hal ini belum banyak diatur oleh Pemerintah.
“Digitalisasi itu luas sekali, bahkan bisa mencakup dari hulu ke hilir bisnis UMKM,” kata Teten.
“Demografi kita ini sekitar 60 persennya di-address oleh oleh anak muda. Tanggal 10 November nanti merupakan Hari Pahlawan, saya harap nanti akan muncul pahlawan baru dari Pahlawan Digital ini,” katanya.
Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah kemudian menyampaikan tiga poin substansi yang menjadi latar belakang pentingnya penyelenggaraan Pahlawan Digital UMKM 2022.
“Pertama, disahkannya Perpres Nomor 2 Tahun 2022 mengenai Pengembangan Kewirausahaan Nasional. Kedua, menghadirkan UMKM Indonesia dalam ekosistem digital dalam upaya percepatan target 30 juta UMKM onboarding digital tahun 2024 serta memaksimalkan potensi ekonomi digital yang tercipta. Ketiga, menemukan para pahlawan digital, agregator/enabler/konsolidator dalam pemanfaatan teknologi digital bagi koperasi dan UMKM untuk menjadi mitra strategis pemerintah,” kata Deputi Siti Azizah.
Sementara itu, Staf Khusus Presiden sekaligus inisiator Pahlawan Digital UMKM Putri Tanjung mengapresiasi banyaknya inovator digital yang telah mendaftar untuk mendukung para pelaku UMKM masuk ke dunia digital. Hal ini membuktikan bahwa banyak inovator digital yang peduli untuk mendorong pertumbuhan transformasi digital UMKM Indonesia.
Putri juga mengapresiasi para inovator digital karena memiliki berbagai inovasi untuk membantu para pelaku UMKM.
“Saya merasa UMKM ini punya potensi yang sangat luar biasa, penggerak yang luar biasa untuk Indonesia. Tim KemenKopUKM mempunyai banyak sekali terobosan untuk membantu para pelaku UMKM di masa pandemi, lalu saya berpikir, saya bisa kontribusi apa ya, sehingga lahirlah Pahlawan Digital UMKM,” tutur Putri.
“Dan saya sangat bahagia karena pendaftar Pahlawan Digital UMKM tahun ini lebih banyak dibandingkan pada 2020. Ide-idenya luar biasa, mengkurasi dari 50 ke 20 finalis sangat sulit,” ujarnya.
Setelah kick off Pahlawan Digital UMKM 2022, 20 besar peserta akan mengikuti workshop selama kurang lebih satu bulan. Dalam workshop ini, para peserta akan mendapatkan materi penguatan teknis bagi startup digital dari para ahli dan penyelarasan program dengan program digitalisasi KemenKopUKM. Selanjutnya, mereka akan melaju ke sesi final Pahlawan Digital UMKM 2022 pada 10 November 2022.
Para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah menarik sampai ratusan juta rupiah, menjadi mitra Kementerian Koperasi dan UKM dalam berbagai program digitalisasi UMKM, serta berkesempatan pitching di hadapan dewan kurator dan berbagai lembaga pembiayaan.
Sebanyak 20 besar peserta yang akan melaju ke sesi final meliputi Mindo, Smeshub, Starchain, Panak.id, Modern farm, Surplus, Ciptani, Djoin, Warjali, Crustea, Dagangan, Onstock, Sandangs, Beliayam.com, Aturkuliner, Iam.id, Manganfoods, Mastani, eFishmart, dan Tumbasin.(Jef)