Menu
Dorong UMKM Naik Kelas dan Ciptakan Enterpreneur Produktif, Menteri Teten Luncurkan New PLUT - Menteri Teten Dorong Kopi Robusta Lombok Go Internasional Melalui Ajang MotoGP - KemenkopUKM Gelar Pelatihan Vocational Bagi Penyandang Disabilitas Di NTB - Laba BNI 2021 Naik 3 Kali Lipat - LPDB-KUMKM Siap Lakukan Pendampingan Koperasi Potensial - Lepas Lair Band Tur ke Enam Negara, MenKopUKM: Akar Budaya Indonesia Adalah Sumber Ekonomi Kreatif - MenKopUKM Teten Masduki Sambut Inisiatif Bill Gates dan Filantropis Dunia Dukung UMKM Indonesia - MenKopUKM Dorong Peternak Ayam Ciremai Group untuk Manfaatkan KUR Klaster Pertanian - Tim Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah Audiensi dengan Kejagung RI - Menteri Teten: Kacang Koro Pedang Jadi Alternatif Atasi Ketergantungan Impor Kedelai

Forum DigiTalk “Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Sukses Berjualan Online”, Transformasi Digital Jadi Kunci Sukses Jualan Online

Desember 1, 2021 | news


Semarang:(Globalnews id)- Menjawab tantangan yang dialami UMKM di masa pandemi Covid-19, Kementerian Kominfo melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Semarang mengadakan Forum DigiTalk “Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Sukses Berjualan Online” yang dilaksanakan secara daring dan luring pada Selasa (30/11).

Diikuti 30 peserta di PO Hotel Semarang, lebih dari 500 peserta melalui aplikasi zoom meeting dan 110 viewers melalui youtube DJIKP, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary mengatakan, Transformasi digital membawa pergeseran transaksi dari offline ke online, dimana semua orang kini bisa dapat berjualan online dengan mudah, cukup memiliki produk yang akan dipasarkan, kartu identitas diri, dan rekening bank.

Adaptasi dan transformasi menjadi kata kunci bagi UMKM untuk dapat bertahan dan berkembang di masa pandemi. Dengan transformasi digital, terjadi pergeseran transaksi dari offline ke online, dan semakin terhubung dengan dunia digital akan transaksi jual beli secara online akan semakin masif. Bentuk adaptasi salah satunya adalah memahami dan menyesuaikan produk atau usaha dengan perubahan tren pasar.

Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kota Semarang, Nana Storada Dwi Martadi, menyampaikan, di Semarang sudah ada konsep Cyber Marketing Semarang, yaitu pemasaran produk dan barang baik UMKM maupun bukan dengan menggunakan berbagai fasilitas dan media internet yang bersifat proaktif, dinamis dan langsung ke target sasaran secara kontinyu, data up to date, desain menarik dan konten komprehensif. “Misalnya anda menjual produk sabun bayi, anda akan ikut group facebook, group telegram dan lain-lain yang ada ibu-ibu dengan bayi, nah itulah proaktif”, ujar Nana.

Selain Cyber Marketing tadi, Nana juga menyebutkan beberapa program digitalisasi UMKM Kota Semarang, beberapa diantaranya adalah Pemasaran Produk-produk UMKM secara online melalui GULO ASEM (Gerai Usaha Mikro Lokal online Asli Semarang), Semarang Online Sale, Semarang Great Sale, Coworking Space UMKM, Pemberdayaan Startup Digital, Pemberdayaan Smart City / Cyber City, dan lain sebagainya.

Founder Tumbasin, Bayu Mahendra Saubig, menyampaikan bahwa 70% masyarakat Indonesia masih berminat untuk berbelanja di pasar tradisional, namun pertumbuhan pasar tradisional menurun tiap tahun 8%, sehingga ada peluang bagi kita membuat cara alternatif agar orang lebih mudah belanja di pasar tradisional.

“Tumbasin memiliki misi untuk memberdayakan teman-teman pedagang pasar tradisional, khususnya mereka yang berjualan fresh product karena mereka ini salah satu UMKM juga tapi blm tersentuh dengan digitalisasi,” tegas Bayu. (Jef)

Related For Forum DigiTalk “Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Sukses Berjualan Online”, Transformasi Digital Jadi Kunci Sukses Jualan Online